Artikel Remaja Indonesia - Berita Terbaru - Kumpulan Informasi Terbaru Berita Terkini , Berita harian metro , berita unik dan artikel menarik.

Sabtu, 26 Januari 2013

Contoh Keterampilan Tangan

Kreasi keterampilan tangan memang beranekaragamnya dan jenisnya selalu berkembang dari waktu ke waktu. Keterampilan tangan yang biasanya berawal dari hobi juga ternyata bisa menghasilkan uang bila ditekuni dengan serius. Bila kita merasa tidak memiliki bakat dalam membuat aneka kreasi keterampilan tangan, kita bisa mengikuti kursus aneka keterampilan tangan yang saat ini juga sudah banyak tersedia di sekitar kita. Bahkan beberapa diantaranya telah menawarkan kursus secara online.

Berikut ini adalah contoh keterampilan tangan:

# ANEKA KREASI KAIN FLANEL





Kain flanel atau biasa disebut juga felt (laken) adalah jenis kain yang terbuat dari serat wol yang pendek. Walaupun sudah lama dikenal di Indonesia, kain flanel ini baru populer sebagai bahan baku keterampilan tangan beberapa tahun belakangan ini. Dengan hanya menggunakan kain flanel, kita bisa membuat berbagai macam benda, diantaranya: jepitan rambut, tempat tisue, gantungan kunci, dll. Buku yang membahas mengenai kreasi kain flanel ini juga bisa dengan mudah kita temukan di toko-toko buku.

# ANEKA KREASI CLAY





Bila dulu clay berarti tanah liat yang dikreasikan menjadi aneka bentuk benda, maka saat ini dengan pertimbangan kepraktisan dan kebersihan, clay bisa dibuat dari campuran terigu dan lem putih. Tekstur clay yang lentur membuat clay mudah dibentuk menjadi aneka benda bahkan miniatur benda sekalipun. Clay tidak beracun sehingga aman dipegang oleh anak-anak. Membuat kreasi clay membutuhkan keterampilan tangan terlebih bila membuat miniatur sebuah benda,binatang, orang, dll. Bila didiamkan beberapa saat, clay akan mengeras dengan sendirinya sehingga clay bisa dijadikan sebagai hiasan di rumah.

# ANEKA KREASI RAJUT




Alat yang dibutuhkan untuk merajut biasanya terdiri dari 2 jarum yang mirip sumpit atau tusuk sate. Walaupun kegiatan merajut di Indonesia tidak begitu populer karena masyarakat menganggap kegiatan merajut hanya cocok untuk orang yang tinggal di negara dingin, namun beberapa penggemar keterampilan tangan merajut ini juga tidak bisa dibilang sedikit. Biasanya sebagian besar kreasi mereka menggunakan teknik lace knitting/open work (motif-motif berongga) yang dianggap pas untuk negara tropis.

# ANEKA KREASI MEMBUNGKUS KADO




Keterampilan tangan ini kelihatannya sangat sepele karena setiap orang pasti merasa bahwa mereka bisa membungkus kado. Namun pada kenyataannya dibitihkan keterampilan tanggan khusus untuk melakukan itu. Sebuah kado diharapkan mempunyai penampilan yang menarik sehingga si penerima kado akan merasa senang menerimanya. Untuk bisa membungkus kado yang memiliki penampilan bernilai seni tinggi, tentu saja dibutuhkan kreasi serta imaginasi yang tinggi pula. Selain itu, harus didukung dengan penggunaan bahan yang sesuai dengan tema dan penampilan yang diharapkan.

Contoh Keterampilan Tangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Berita Terbaru

0 komentar:

Posting Komentar